my friends

Welcome to the My Island

Minggu, 23 Maret 2014

Srategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan



STRATEGI PERIKLANAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PERCETAKAN CV MULYA AGUNG MANDIRI JAKARTA

A.    Pegertian Periklanan dan Penjualan
Pada umumnya, tujuan utama perusahaan adalah mencari laba. Konsekuensinya, menejer harus memilih alternatif periklanan yang dapat menciptakan nilai sekarang (present value) tertinggi untuk laba jangka panjangnya. sedangkan organisasi non laba lebih mementingkan manfaat dari pada laba. Sebelum kita membahasa periklana lebih jauh kita harus mengetahui apa itu arti periklanan. Berikut ini pengertian periklana menurut para ahli :
ü  Periklanan adalah setiap bentuk presentasi dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu.
ü  Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemelbeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991). Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982), penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda.

B.     Tujuan Periklanan
Tujuan periklana bagi suatu barang akan tergantung pada tahap yang ada di dalam siklus kehidupan produk (product life cycle) tersebut. Biasanya, periklanan produk baru dilakukan untuk :
1.      Memberikan kesadaran pada pembeli tentang adanya produk baru tersebut.
2.      Mendorong distribusi merek baru.
3.      Menunjukkan kepada pembeli dengan suatu alasan bagi pembeli produk tersebut.
Semua itu ditunjukan untuk mempertahankan posisi pasar produk tersebut. Tugas periklanan juga merupakan suatu fungsi dari kategori produk. Untuk barang-barang yang berharga lebih mahal seperti mobil, proses keputusannya (oleh pembeli) dilakukan dengan lebih hati-hati dan waktunya lama. Dalam hal ini, pembeli mudah sekali membedakan merk-merk yang ada. Tetapi untuk barang-barang yang secara fisik hampir sama, seperti sabun mandi, kurang begitu diperhatikan oleh pembeli.
Pilihan media yang dapat digunakan untuk melakukan pengiklanan adalah sebagai berikut :
a.       Surat Kabar (Kompas, Jawa Pos, Suara Merdeka, Surya).
b.      Majalah (Tempo, Gatra, Trubus, Hidup).
c.       Radio (Wijaya Kusuma FM, Moderato FM).
d.      Televisi (RCTI, Trans TV, SCTV, Trans 7, Indosiar).
e.       Papan Reklame (Spanduk, Baliho, Bando jalan, Brosur).
f.       Direct Mail (e-mail, surat).
g.      Interactive Marketing (Facebook, Twitter, Kaskus).

C.     Jenis Periklanan
Berdasarkan tujuannya, apakah ditujukan kepada pembeli akhir atau ditujukan kepada penyalur, periklanan dapat dibedakan ke dalam dua golongan. Jenis periklanan tersebut adalah  :
1.      Pull Demand Advertising
Pull Demand Advertising adalah periklanan yang ditujukan kepada pembeli akhir agar permintaan produk bersangkutan meningkat. Biasanya produsen menyarankan kepada para konsumen untuk membeli produknya ke penjual terdekat. Pull Demand Advertising juga dsiebut consumer advertising.
2.      Push Demand Advertising
Push Demand Advertising adalah periklanan yang ditujukan kepada para penyalur. Maksudnya agar para penyalur bersedia meningkatkan permintaan produk bersangkutan dengan menjual sebanyak-banyaknya ke pembeli atau pengecer. Barang yang diiklankan biasanya berupa barang industri. Push Demand Advertising juga disebut trade advertising.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar